Wednesday, March 6, 2013

Perkenalan :-)

Namanya pak Joko. Saya kenal beliau dari tahun 2008, di sebuah produksi film layar lebar. Pekerjaannya sebagai freelance driver, dimana beliau bekerja hanya ketika ada panggilan untuk produksi film layar lebar dari rumah produksi yang mempekerjakannya. Artinya, ngga punya penghasilan tetap setiap bulan.

Saya sendiri bernama Anna Melani. Pekerjaan saya di bidang yang sama dengan pak Joko, yaitu sebagai freelance Produser Lini di produksi film layar lebar. Saya menulis blog ini semata-mata untuk membantu meringankan pilihan hidup pak Joko yang sangat hebat, yaitu membuat panti asuhan dan memelihara anak yatim :-)

Ceritanya begini. Almarhum bapak mertua pak Joko adalah seorang Kyai di Ciganjur. Beliau punya panti asuhan yg isinya anak-anak laki-laki. Seiring waktu berjalan, mulai banyak yang nitipin anak-anak perempuan. Pas anak-anak perempuan ini mulai ABG, istri pak Joko (Ibu Tatik) berpikir anak-anak perempuan ini harusnya dipisah dari yang laki-laki. Ahirnya pak Joko memberanikan diri untuk bangun panti asuhan baru, dengan bekal material yang udah dikumpulin beberapa tahun + uang tabungan yang cuma ada 2 juta. Mobilnya udah dijual untuk beli tanah, itupun sempat ngutang :')

Syukur alhamdulillah, Allah ngasih jalan, tukang-tukang yang bangun panti rela dicicil & dihutangi bayarannya sampe pak Joko punya uang, asal tiap hari disediain beras & indomie untuk makan :') Ahirnya panti selesai (Kalo ngga salah Juni 2011) ketika saya mampir, bangunan itu sudah jadi tapi belum dicat. Menurut pak Joko saat itu, baru beberapa waktu yang lalu ahirnya lunas juga bayarin tukang-tukang tsb. Terahir bayar 400rb. Subhanallah :')

Nama panti asuhannya sebenernya adalah: Yayasan Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim.
Lokasinya di Jl. Warung Silah, Gg. H. Saaman RT 03 / RW 04, Cipedak - Jagakarsa, Jakarta Selatan
(Tapi saya lebih seneng nyebutnya di daerah Ciganjur :D)

Pak Joko, Bu Tatik Joko, Saya (paling kanan) dan anak-anak

Anak-anak asuh pak Joko & bu Tatik ada 15 orang, 10 anak cewe, 5 anak cowo (4 orang tinggal sama ibu/neneknya).

Cewe:
SD ada 3 org: kelas 1, 2 & 3
SMP ada 5 org
SMA ada 2 org
Cowo:
5 org SD semua

Data tersebut di atas valid sampai saya menulis blog ini (6 Maret 2013)

Keluarga pak Joko pun tinggal di panti asuhan ini. Anak pak Joko sendiri ada 4 orang, paling kecil umur 2,5th. Semuanya sekolah atas biaya pak Joko, dari pekerjaannya sebagai driver freelance, - yang bekerja ketika ada panggilan produksi film saja - :') dan sumbangan dari donatur yang ngga tetap.

Pak Joko dan Bu Tatik Joko :-)

Kalau ada yang mau ditanyain mengenai panti ini, silakan menghubungi saya via email atau twitter :-)

@annAMeL_
panti.pakjoko@gmail.com

---------------------------------

Update 1 Oktober 2013.

Pak Joko sekarang sudah tidak bekerja sebagai Driver Freelance lagi, tapi sudah jadi Driver pribadi teman saya bernama Hana. Alhamdulillah, penghasilannya sekarang tetap setiap bulannya. Tapi anak-anak yang diasuh semakin banyak *glek* :')

Bulan puasa yang lalu, mereka dititipkan anak-anak lagi, hingga sekarang jumlahnya 24 anak. Laki2 dan perempuan.

Waktu beliau cerita ketambahan anak2 lagi, saya sampe melongo.. saya bilang, pak.. mau tidur di mana? sekarang aja udah sempit.. :( -- dalam hati pun teriak, emang cukup ya gajinya untuk biayain anak segitu banyak.. :'((( --
Tapi pak Joko santai aja, dia bilang, "ya yang perempuan tidur di atas, yang laki-laki di kamar bawah umpel-umpelan.. hehehe.. saya hanya ketitipan mba Anna, rejeki untuk anak-anak yatim nanti pasti ada aja."
Gustii.. gimana itu coba? 
Pernah denger kan kalimat ini.., "Diantara sebahagian harta milikmu ada hak anak yatim dan fakir miskin". Jadi.. Bantu Pak Joko yuukk.. :') Gak papa sedikit, asal rutin tiap bulan, pastii bisa meringankan beban pak Joko ;)

Untuk yang ingin bantu pak Joko memelihara anak yatim, saya jembrengin (halah, bahasa apa ini) detail lokasi, nomer telpon yang bisa dihubungi, serta no rekening Yayasan di bawah ini: 

Nama : Panti Asuhan Bani Hasyim

Yayasan : Benih Kebajikan Nusantara Al Hasyim
Alamat :  Jl. Warung Silah, Gg. H. Saaman No. 83, RT 03 / RW 04,
Cipedak - Jagakarsa, Jakarta Selatan
Pengelola :
  • Pak Joko 085327185167
  • Bu Tatik Joko 085213812767
  • Panti : 0217866845
Rekening :
Bank Mandiri Cab. Cilandak KKO
a/n. YBKN AL HASYIM
1270005891294

Bagi yang mau tanya-tanya mengenai panti ini, silakan menghubungi saya via email atau twitter :-) 

Terima kasih!

@annAMeL_
panti.pakjoko@gmail.com

1 comment:

  1. Menurut penulis, apakah para anak Yatim ditempat ini mendapatkan didikan dari pengurus dengan baik?

    ReplyDelete